Seperti telah kita ketahui bersama bahwa untuk menerapkan ISO 9001:2015 organisasi/perusahaan perlu membuat Proses Bisnis. Di dalam penyusunan business process (proses bisnis) perlu di uraikan input dari customer kemudian proses dalam manajemen dan output yang diberikan kepada customer kembali. Setiap permintaan pelanggan di penuhi dengan menggunakan pendekatan proses. Proses inti dengan di dukung oleh proses manajemen dan pendukung.
Business Process (proses bisnis) dibagi menjadi 3 (tiga) bagian proses sebagai berikut :
1. Manajemen proses (Top Manajemen, MR dan QA)
2. Core Process (sesuai SIPOC Diagram)
3. Supporting Process (Bagian Support)
Organisasi/perusahaan harus memahami dengan baik pelaksanaan ketiga proses tersebut. Identifikasi proses hingga ke level aktifitas sebagai kebutuhan penetapan dokumen. Dan dapat digunakan sebagai input untuk mendesain SOP melalui pendekatan proses.
Dapat dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut :
- Level 1 (satu) tingkat coorporate (seperti CFM cross fungsional mapping atau lebih dari beberapa fungsional di dalam perusahaan.
- Level 2 tingkat departemen (seperti SOP produksi atau beberapa unit kerja/section/bagian)
- Level 3 tingkat proses (kumpulan lebih dari 1 aktifitas)
Proses Manajemen
1. Tujuan dan sasaran (Top Manajemen, MR, Manager)
2. Tinjauan manajemen (Top Manajemen, MR, Manager)
3. Audit Internal (MR dan Tim Auditor)
4. Tindakan perbaikan (All Dept)
5. Peningkatan berkelanjutan (All Dept)
6. Pengukuran kepuasan pelanggan (Sales & Marketing)
7. Identifikasi aspke dan evaluasi dampak lingkunga (MR) (ISO 14001)
8. Peraturan, persyaratan dan evaluasi pemenuhan (MR) (ISO 14001)
9. Pemantauan dan pengukuran (MR) (ISO 14001)
Proses Realisasi
1. Penawaran (Marketing, Purchasing)
2. Perencanaan mutu produk baru (Top Management)
3. Perencanaan dan realisasi produksi (Manager Produksi)
4. Perubahan produk dan proses (QC & Manager Produksi)
5. Pengendalian produk tidak sesuai (QC, Produksi, Warehouse)
6. Penanganan keluhan pelanggan (QC, Produksi, Marketing)
7. Pengendalian proses produksi (Produksi, QC, Maintenance)
8. Pengiriman (QC, Warehouse)
9. Pengadaan barang dan jasa (Purchasing)
10. Incoming quality (QC)
11. Outgoing quality control (QC)
12. Penyimpanan material (QC, Warehouse)
Proses Pendukung
1. Perekrutan dan pelatihan karyawan (HRD)
2. Penilaian karyawan (HRD)
3. Pengelolaan infrastruktur (Maintenance, GA)
4. Perawatan dan perbaikan mesin (Maintenance, GA)
5. Pengendalian alat ukur dan pantau (QC, All Dept.)
6. Pengendalian dokumen (All Dept.)
7. Pengendalian catatan ( All Dept.)
8. Siaga tanggap darurat (ISO 14001)
9. Pengendalian (ISO 14001)
10. Komunikasi (ISO 14001)