Menangani Komplain Pelanggan
- Meminta
bukti yang berkaitan dengan barang yang rusak (photo barang dan label), hal ini
agar dapat ditelusuri barang tersebut
- Tanpa
bukti yang jelas atas kondisi barang tersebut semestinya complain jangan
diterima.
- Dengan menjelaskan kepada cusmer secara baik-baik dan mudah diterima.
- Menjelaskan
kepada customer bahwa bukti-bukti penerimaan sudah ditandatangan dan barang
sudah diterima tanpa ada complain
- Sebagai
tindak lanjut kedepannya, agar dicoba dengan bagian pengiriman agar melakukan
konfirmasi terlebih dahulu mengenai kondisi barang yang sudah diterima
- Setelah
surat jalan atau bukti penerimaan sudah diterima segera dilakukan konfirmasi
mengenai kondisi barangnya
- Melakukan
pencatatan bukti konfirmasi agar di kemudian hari bukti dapat digunakan sebagai
pendukung atas penerimaan barang
- Dijelaskan
secara kronologis apabila memang terbukti ada barang yang rusak (tidak sesuai)
pada saat diterima
- Agar
setiap petugas pencatatan form selalu melengkapi dengan tanda tangan dan nama
jelas.
- Pada
surat jalan sudah tertera bahwa complain dilakukan 1 (satu) hari setelah barang
diterima.
- Admin
Pengiriman melakukan monitoring berkaitan dengan penerimaan barang oleh
customer