Jumat, 24 Agustus 2018

Menangani Komplain Pelanggan

  • Meminta bukti yang berkaitan dengan barang yang rusak (photo barang dan label), hal ini agar dapat ditelusuri barang tersebut
  • Tanpa bukti yang jelas atas kondisi barang tersebut semestinya complain jangan diterima. 
  • Dengan menjelaskan kepada cusmer secara baik-baik dan mudah diterima.
  •  Menjelaskan kepada customer bahwa bukti-bukti penerimaan sudah ditandatangan dan barang sudah diterima tanpa ada complain
  • Sebagai tindak lanjut kedepannya, agar dicoba dengan bagian pengiriman agar melakukan konfirmasi terlebih dahulu mengenai kondisi barang yang sudah diterima
  • Setelah surat jalan atau bukti penerimaan sudah diterima segera dilakukan konfirmasi mengenai kondisi barangnya
  • Melakukan pencatatan bukti konfirmasi agar di kemudian hari bukti dapat digunakan sebagai pendukung atas penerimaan barang
  • Dijelaskan secara kronologis apabila memang terbukti ada barang yang rusak (tidak sesuai) pada saat diterima
  •  Agar setiap petugas pencatatan form selalu melengkapi dengan tanda tangan dan nama jelas.
  •  Pada surat jalan sudah tertera bahwa complain dilakukan 1 (satu) hari setelah barang diterima.
  •  Admin Pengiriman melakukan monitoring berkaitan dengan penerimaan barang oleh customer