Kamis, 05 Juli 2018

Sertifikat ISO & OHSAS Apakah Bisa di Cabut ?

Ada suatu pertanyaan apakah sertifikat ISO dan OHSAS dapat dicabut ?
Ketentuan seperti apa sertifikat tersebut dapat dicabut ?

Sangat mungkin terjadi sertifikat ISO dan OHSAS dicabut, hal ini dilakukan apabila dalam kegiatan audit banyak terdapat temuan-temuan yang major. Namun sebelum mencabut biasanya badan sertifikasi akan memberikan waktu kepada organisasi tersebut untuk melakukan perbaikan terhadap temuan yang bersifat major. Apabila dalam rentang waktu yang diberikan organisasi tersebut tidak dapat melakukan perbaikan maka badan sertifikasi dapat mencabut status sertifikasi organisasi tersebut.


Loh bukannya Badan Sertifikasi juga bisnis, kalau dicabut hilang donk pemasukan mereka?

Ada yang lebih penting dari pada hanya mencari pemasukan dari klien yaitu kredibilitas dari badan sertifikasi tersebut. Apabila suatu organisasi tersebut tetap diberi sertifikat ISO dan OHSAS, namun pada aplikasinya di lapangan sangat buruk tentunya nama dari badan sertifikasi yang melakukan audit  akan sangat dipertanyakan kredibilitas.

Jadi kesimpulannya adalah sertifikat ISO dan OHSAS bisa saja dicabut oleh badan sertifikasinya, oleh karena itu mari rubah pola pikir kita jika ingin menerapkan standar ISO dan OHSAS (ISO 9001; ISO 14001; dan OHSAS 18001).

Jadikan penerapan standar ini sebagai semangat untuk terus mempertahankan perusahaan/organisasi, untuk menjaga kepuasan pelanggan, dan untuk melakukan perbaikan secara terus menerus agar organisasi dapat bersaing dengan organisasi lainnya.

Sumber dari :
Kang Abid - Group Quality Club 2